Konsinyering Penyusunan KHP LKPD audited 2018

16/05/2019 – 12:21

Gorontalo – Dengan berakhirnya masa penugasan pemeriksaan lapangan (field audit) atas LKPD TA 2018 seluruh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Gorontalo maka BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan konsinyering yang bertempat di Ruang Nusantara Hotel MAQNA Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Mei 2018 dengan peserta adalah Kepala Subauditorat Gorontalo dan Pejabat Fungsional Pemeriksaan di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo.

 

Untuk melaksanakan kegiatan ini telah dibentuk kepanitiaan dimana Penanggungjawab kegiatan konsinyering adalah Bapak Nur Budi Setiawan (Kasetlan), Ketua Panitia adalah Bapak Muliawan (Kasubbag Keuangan), Sekretraris Bapak Radhityo (Kasubag Humas & TU Kepala Perwakilan) selanjutnya Koordinator Keuangan adalah Prinsip Kurnianto dan Koordinator Perlengkapan dan Umum Bapak Nugraha (Kasubbag Umum).
Kegiatan konsinyering bertujuan diantaranya untuk membahas penyusunan Konsep Hasil Pemeriksaan (KHP) atas pemeriksaan LKPD TA 2018 agar sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan menggambarkan permasalahan secara obyektif. Pembahasan yang dilakukan meliputi formulasi temuan pemeriksaan baik atas ketidakefektifan Sistem Pengendalian Intern (SPI) maupun atas Ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Pembahasan dilaksanakan dengan cara penyajian / presentasi hasil-hasil pemeriksaan lapangan oleh tim pemeriksa selanjutnya dibahas oleh tim reviu.
Pelaksanaan kegiatan konsinyering di bulan puasa tidak menyurutkan semangat para peserta untuk bekerja sepenuh hati dari awal kegiatan di pagi hari hingga kegiatan berakhir di malam hari. Pembahasan berjalan dengan suasana yang kondusif bahkan tidak jarang diselingi gelak tawa para peserta. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan konsinyering dapat memberikan manfaat lain yaitu meningkatkan keakraban dan kebersamaan diantara para pegawai.
Setelah seluruh tim pemeriksa menyelesaikan pembahasan atas hasil-hasil pemeriksaan lapangannya maka kegiatan konsinyering ini ditutup pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2019 pukul 17.00 Wita oleh Plt. Kepala Perwakilan yakni Bapak Subkhan Affandi.