Outdoor Sport ke Kolam Bidadari, Kabupaten Bone Bolango

16/05/2019 – 12:34

Gorontalo – Pada tanggal 30 dan 31 Maret 2019, tujuh orang pelaksana BPK Perwakilan Gorontalo yang merupakan penggiat kegiatan cinta alam, terdiri dari Kasubag Keuangan, Bpk. Muliawan, Kasubag Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan, Bpk. Radhityo Fitrian Her Rengga Wardhana, Pemeriksa dari Subauditorat, Syaifullah, staf subag umum, Erick Tarigan, Abdul Mudzil, Feri Matara Agung Hulukati dan staf subag hukum, Nikodemus Pracaya melakukan outdoor trekking dan camping ke Kolam Bidadari, Taludaa di Kabupaten Bone Bolango. Dalam hal ini, Kasubag Keuangan, Muliawan bertindak sebagai ketua penggiat dan Kasubag Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan, Bpk. Radhityo Fitrian Her Rengga Wardhana sebagai koordintaor umum.
Dalam pelaksanaan outdoor trekking dan camping tersebut, tim penggiat kegiatan cinta alam BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo bergabung dengan 16 orang yang merupakan anggota komunitas pecinta alam Gorontalo. Untuk dapat sampai di Air Terjun Taludaa, dibutuhkan lebih kurang 3 jam perjalanan dengan mobil dari Kota Gorontalo. Tim sampai di lokasi pukul 10.00 Wita, setelah berdoa bersama agar diberikan keselamatan dan kemudahan dalam aktifitas outdoor maka tim menuju lokasi camping ground di samping air terjun Taludaa. Tim mendirikan 3 tenda dan menginap selama 1 malam. Acara malam diisi dengan diskusi santai didepan api unggun sambil menikmati singkong goreng dan kopi hitam panas.
Keesokan harinya, setelah bersiap untuk exit dari camping ground di air terjun Taludaa, maka tim melakukan bakti sosial dengan membersihkan batu-batu alam yang kotor karena dicorat-coret oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Pembersihan dilaksanakan oleh tim penggiat pencinta alam BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo bersama dengan komunitas penggiat pencinta alam Gorontalo yang bergabung sebelumnya. pembersihan batu-batu tersebut menggunakan kulit durian dan pasir yang digosokkan hingga batu-batu cukup bersih kembali.

Destinasi pada hari kedua dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki bukit selama 30 menit lalu menyusuri saluran irigasi selama 15 menit, dilanjutkan dengan menuruni lembah menuju kolam bidadari Taludaa selama 45 menit. Kondisi medan yang dilalui cukup ekstrim dengan elevasi kemiringan kurang lebih >60 derajat. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai alami selama kurang lebih 10 menit hingga tiba di kolam bidadari.
Kolam bidadari merupakan kolam alami yang terbentuk oleh bongkahan batu besar dari lava yang mendingin dan dialiri oleh air dalam waktu yang lama. Kolam tersebut adalah air terjun berundak yang terdiri dari 3 kolam kecil dan 1 kolam besar secara berurutan. Kolam kecil berada di bagian atas, berturut-turut hingga yang paling bawah adalah kolam yang besar. Di kolam tersebut tim melakukan kegiatan berupa berenang.
Koordinator umum penggiat kegiatan cinta alam, Bpk. Radhityo Fitrian Her Rengga Wardhana mengatakan kegiatan tersebut bertujuan utuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan pegawai, mengenal alam bumi Gorontalo, serta melaksanakan refreshing dengan biaya yang ekonomis dan jarak yang tidak jauh dari kota. Kegiatan cinta alam tersebut diharapkan dapat tetap dilanjutkan, dan seluruh pegawai pelaksana di BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo termotivasi untuk mengikutinya.